Bisnis Online Dan Bagaimana Memulai Dari Nol Dengan Benar

bisnis online

Bisnis Online itu banyak macamnya, yaitu bisa jual produk/barang sendiri, menjual barang/produk/jasa orang lain (affiliate/reseller), menjadi publisher, jual jasa penulisan, jual jasa desain, jual jasa website, dan lain-lain.

Mental dan Mindset bagi orang yang menjalankan bisnis online hendaknya persis seperti bisnis offline. Bahwa bisnis online bukan program cepat kaya, tapi bisnis online harus dilakukan dengan benar, seperti disiplin, fokus, keuletan, kesabaran, bermental sukses, jangan takut gagal, dan sebagainya.

Yang membedakan diantaranya hanya media bisnisnya, bahwa bisnis online pemasarannya dilakukan secara online dan menerima pembayaran secara online, melalui rekening, cek, paypal, dan alat pembayaran lainnya.

3 Tahapan Bisnis Online Yang Wajib Anda Ketahui

Secara garis besar, memulai bisnis online itu ada 3 TAHAPAN :

A). Ada Produk/Barang/Jasa yang akan dipasarkan

B). Cara Pemasaran/Mendatangkan Pengunjung (TRAFFIC)

C). Cara Konversi Penjualan (CLOSING)

Mari kita bahas ke 3 POINT tersebut :

1. Bagaimana cara menemukan produk/barang/jasa dalam Bisnis Online:

  • Anda punya hobby/passion yang bisa diproduksi sendiri (hand made) => lalu pasarkan secara online.
  • Carilah di sekitar wilayah anda tinggal, produk/barang yang kategori unik jarang di pasaran => datangi produsennya => kerjasama pasarkan barangnya secara online.
  • Anda mencari secara online produk/barang yang Hot dan banyak pencari tapi masih sedikit persaingan => cari supplier online => daftar reseller/dropship => pasarkan produknya secara online.

2. Cara Pemasaran/Mendatangkan Pengunjung Dalam Bisnis Online

Jika anda sudah punya produk/barang yang bagus dan cocok sesuai minat anda atau pun produk/barang yang sudah pasti laku karena banyak pencari, maka langkah selanjutnya anda tinggal memasarkannya.

Bisnis Online Dan Cara Pemasarannya

Banyak cara yang anda lakukan untuk memasarkan dan mempromosikan produk/barang yang anda jual.

  1. Pemasaran Melalui Social Media => Facebook, Twitter, Instagram, Google +, Line, Youtube, dan media lainnya.
  • Khusus Facebook sudah banyak yang berhasil dengan METODE GRATISAN, yaitu memasarkan barang/jasa melalui akun personal, Fanspage Facebook, maupun memasarkan di grup jualan. Ada juga yang menggunakan METODE BERBAYAR dengan Facebook Ads.
  1. Pemasaran melalui Blog/Website/Toko Online => ada blog gratisan seperti blogspot.com dan wordpress.com, dan kalau bisnis anda ingin lebih professional, hendaklah menggunakan website profesional yang BERBAYAR dengan membeli domain dan sewa hosting sendiri, kemudian anda membangun website dengan content, seperti wordpress.org, website statis, dsb.
  2. Pemasaran melalui MARKETPLACE (Mall Online), seperti tokopedia, bukalapak, lazada, shoppe, dsb.

(Saya menyarankan kalau anda jualan di marketplace, jualan anda hanya sebagai cabang toko online anda)

  1. Pemasaran melalui WEBSITE IKLAN BARIS, seperti olx, dan sejenisnya.

3. Konversi Penjualan (Closing) Dalam Bisnis Online

Setelah memasarkan melalui berbagai media online, maka anda tinggal mengkonversi pengunjung/calon pembeli agar closing dan membeli produk/barang anda.

Berapakah jumlah pengunjung produk/barang anda ? Ya usahakan sebanyak-banyaknya anda mendatangkan calon pembeli.

HUKUM KONVERSI menjelaskan bahwa, kalau pengunjung produk/barang anda 100 orang, maka yang membeli/closing biasanya 1 % yaitu 1 orang. Meskipun ini bersifat relative, paling tidak buat pengetahuan kita bahwa kita harus memperbanyak jumlah calon pembeli produk kita.

Pengalaman saya sebagai sharing aja : Jika anda sudah punya website toko online dan sudah nangkring di halaman 1 google sesuai target kata kunci, maka enaknya anda seperti dikejar-kejar pembeli.

Capeknya dilakukan hanya di awal-awal saja ketika membangun web toko online. Ketika sudah banyak pengunjung dan traffic ratusan bahkan ribuan, anda tidak capek lagi posting-posting status, anda tinggal menunggu orderan ada yang melalui telepon, bbm, whatsapp, yahoo messenger, email, dsb.

Oleh karena itu, Khusus anda yang belum memulai bisnis online, marilah ingat-ingat pepatah ini :  

“Mulai dari sekarang, lakukan dengan benar, tanpa tapi tanpa nanti.”

Tangerang, 23 April 2016

Related posts

Leave a Comment