Target Penjualan + Konversi Penjualan Untuk Mencapai Penghasilan

target penjualan dan cara mencapainya

Target penjualan merupakan suatu rencana pencapaian hasil jualan barang atau jasa dalam suatu perdagangan dan bisnis tertentu.

Sedangkan konversi penjualan dapat dikatakan sebagai tingkat prosentase dari penjualan tertentu dengan mengukur jumlah calon pembeli.

Berapakah target penjualan dalam usaha dan bisnis anda ? Ya betul, anda harus menentukan target penjualan, karena hal ini akan banyak berpengaruh terhadap hasil penjualan. Dan hasil penjualan pun, sangat berpengaruh terhadap jumlah penghasilan dan pendapatan anda dalam suatu usaha.

Dalam sebuah target penjualan biasanya sangat relevan dengan istilah konversi penjualan. Semakin tinggi konversi penjualan, biasanya makin mudah untuk mencapai target penjualan yang telah dicanangkan. Disinilah diperlukan keahlian untuk meningkatkan konversi penjualan, sehingga kian lama akan menghasilkan suatu hasil penjualan yang gemilang.

Perhitungan Target Penjualan Seorang Penjual

Marilah kita lihat contoh konkret dalam menghitung target penjualan. Contohnya jangan banyak-banyak dulu ya. Katakanlah, ceritanya kita masih newbie atau pemula dalam suatu bisnis, entah bisnis online maupun bisnis offline.

Memang dalam menentukan suatu target penjualan, biasanya dibagi dalam 3 jangka waktu. Penentuan jangka waktu ini berbeda beda setiap orang. Silahkan anda tentukan sendiri jangka waktunya. Ambil contoh kita tentukan jangka panjang tahunan, jangka menengah 4 bulanan, jangka pendek bulanan. Kita ambil contoh jangka pendeknya saja, yaitu bulanan.
Sebelum anda menentukan target penjualan, maka sebagai motivasi diri tentukan dulu berapa target penghasilan yang ingin anda dapatkan dalam sebulan.

Misalnya anda targetkan akan mendapatkan penghasilan 5.000.000/bulan dari usaha online anda. Nah, bagaimana anda menentukan target penjualan, sehingga anda akan mendapatkan penghasilan 5 juta per bulan.

Cara Mewujudkan Target Penjualan Dengan Mudah

Bagaimana cara mewujudkan dari target penghasilan yang anda harapkan tersebut ?

Tips agar lebih mudah dan tidak terasa berat dalam menentukan suatu target penjualan, silahkan anda bagi dan pecah target anda menjadi bagian terkecil.
Maksudnya kalau target penghasilan anda 5.000.000 selama sebulan, dan anda melakukan usaha ini mengambil hari aktif menjadi 25 hari saja. Maka, dari target penghasilan 5.000.000 dibagi 25 hari kerja, berarti 200.000/hari.
Sehingga, jika dihitung harian untuk mendapatkan penghasilan 5.000.000/bulan,
anda hanya perlu menjual dengan profit 200.000/hari

Dan kalau anda ambil profit dari jual 1 barang misalnya 10.000 saja (gunakan prinsip jalan tengah,”ambil untung sedang, tapi banyak penjualan, jangan ambil untung besar tapi sedikit penjualan), disinilah pentingnya faktor kali.

Sehingga, ketemulah sebuah rumus target penjualan : 200.000/10.000 = 20.
Dari rumus ini, diketahui bahwa, anda harus closing penjualan atau anda harus berhasil menjual barang tersebut dari 20 orang pembeli/hari, jika anda hanya menjual 1 jenis barang. Bayangkan, jika anda menjual lebih dari 1 barang, maka mencapai target tersebut akan menjadi lebih ringan. Tentunya, jika anda sudah mahir, maka menjual apapun akan menjadi mudah.

Nah, di situlah anda mendapatkan keuntungan 200.000/hari atau anda memperoleh penghasilan 5.000.000/bulan

Target Penjualan Dan Hubungannya Dengan Konversi Penjualan

Menurut teori penjualan, bahwa konversi penjualan dapat terjadi hanya 1 % dari jumlah database atau calon prospek kita. Ingat, hanya 1 % ya menurut teori.

Jadi, kalau anda punya daftar calon pembeli misalnya di contact BBM/WA/LINE 100 orang calon tertarget, maka dari 100 orang tersebut yang kemungkinan membeli dari anda adalah 1 % nya, yaitu 1 orang.
Sehingga, untuk mencapai 20 orang pembeli bagaimana ? Ya, salah satu solusinya adalah memperbanyak calon pelanggan dengan menempatkannya dalam database BBM/WA/LINE/Email dan lain-lain.
Illustrasinya begini, untuk mencapai 20 orang pembeli/hari, berarti 20 x 100 orang = 2000 contact. Ya, anda harus mempunyai 2000 contact database calon pembeli, agar anda mendapatkan 20 orang pembeli/tiap hari, dan calon pembeli itupun harus senantiasa diperbanyak setiap hari, untuk menjaga kemungkinan pembeli yang tidak lagi bertransaksi dengan anda.

Demikianlah, pemaparan mengenai target penjualan dan konversi penjualan, yang dapat menentukan target penghasilan yang ingin anda capai.

Selamat menentukan target anda !

Tangerang, 14 Mei 2017

 

Related posts

Leave a Comment